Home » » SERAGAM TARI PIRING

SERAGAM TARI PIRING


Harga : Rp.

Tari Piring – Selamat datang di tailor elegant yaitu tailor yang khusus membuat dan menerima pesanan baju seragam tari piring khas Sumatra Barat  . Saat ini kita akan mengulas kembali mengenai keindahan salah satu kekayaan kebudayaan negara tercinta kita yaitu tari piring. tari piring merupakan salah satu tarian khas di Sumatra Barat . para penari tari piring senantiasa menampilkan tarian piring lengkap dengan seragam tari piring atau kostumtari piring yang indah dan elegant. keindahan seragam tari piring atau kostum tari piring yang di kenakan para penari tari piring mampu membuat terpesona setiap orang.  maka tak heran di setiap tampilan tari piring selain gerakan gerakan tari piring ada Salah satu keindahan ai  yang menonjol yaitu seragam tari piring atau kostum tari piring yang selalu membuat kita  terpesona , seragam tari piring yang mengandung unsur seni budaya  menarik dan indah.
Seni budaya tari yang menjadi kebanggaan ialah seni tari piring yang menampilkan keindahan dan keunikan budaya indonesia baik dari gerakan gerakan tari piring,musik yang mengiringi  dan juga seragam tari piring atau kostum tari piring yang di gunakan 
Tari piring merupakan tarian yag berasal dari adat khas suku Minangkabau yang sudah terkena di seantero dunia. Tarian piring ini mempunyai keunikan tersendiri ,tari piring sangat beda dengan tari tarian di daerah lain di nusantara,keunikan inilah yang mampu membuat decak kagum setiap orang yang menyaksikannya.
Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang adalah salah satu seni tari tradisional di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, provinsi Sumatera Barat. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan piring sebagai media utama.[1] Piring-piring tersebut kemudian diayun dengan gerakan-gerakan cepat yang teratur, tanpa terlepas dari genggaman tangan[2]. Tari Piring merupakan sebuah simbol masyarakat Minangkabau. Di dalam tari piring gerak dasarnya terdiri daripada langkah-langkah Silat Minangkabau atau Silek.[3]

Asal Usul dan Sejarah Tari Piring

 Pada awalnya, tari piring ini merupakan ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah. Ritual dilakukan dengan membawa sesaji dalam bentuk makanan yang kemudian diletakkan di dalam piring sembari melangkah dengan gerakan yang dinamis[4].Tari piring dipercaya telah ada sejak sekitar abad ke 12 Masehi, terlahir dari kebudayaan asli masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat. Perlu diketahui bahwa sebelum masuknya Islam, masyarakat Minangkabau mayoritas masih memeluk agama Hindu, Budha, dan sebagian Animisme.

Masuknya Islam ke tanah Sumatera pada abad ke 14 secara tidak langsung ikut mempengaruhi perkembangan tari piring. Semenjak ajaran Islam mulai dianut oleh mayoritas masyarakat, peruntukan tari piring pun berubah. Tari piring bukan lagi ditujukan sebagai tari persembahan bagi para dewa, melainkan hanya sebagai tontonan bagi masyarakat. Tarian ini dipertunjukan setiap kali ada acara hajatan sebagai hiburan semata.

Dalam perjalanan sejarahnya, tari piring kontemporer mengalami banyak pembaruan, mulai dari musik yang mengiringinya, gerakan, koreografi, hingga komposisi pemain. Adalah Huriman Adam, seorang seniman tanah Minang yang telah berkontribusi besar pada kepopuleran tari ini di masa kini. 


Gerakan Tari Piring

Gerakan gerakan dalam Tari Piring adalah perpaduan yang laras antara seni tari yang indah, gerakan akrobatis, dan gerakan bermakna magis. Gerakan pada tarian piring yang dibawakan secara berkelompok oleh 3-5 personil ini sangat beragam. Keindahan grakan-gerakan tersebut secara keseluruhan sebetulnya menceritakan tentang tahapan-tahapan kegiatan dalam budidaya tanaman padi yang menjadi mata pencaharian masyarakat adat Minang tempo dulu

Keindahan gerakan gerakan pada tari piring ada 20 gerakan, 20 gerakan tari piring  harus mampu dibawakan para penari untuk dapat mempertunjukan tari piring yang sempurna. Keduapuluh gerakan tersebut antara lain:
  1. Gerak pasambahan; gerakan yang dibawakan oleh para penari pria ini adalah gerakan pembuka tari piring. Gerakan ini memiliki makna sebagai wujud syukur kepada Allah swt dan bentuk permohonan penari pada para penonton yang menyaksikan, supaya tidak merusak jalannya pertunjukan.
  2. Gerak singanjuo lalai; gerakan yang dibawakan oleh para penari wanita ini sangat lemah lembut melambangkan suasana pagi yang sejuk.
  3. Gerak mencangkul; gerakan tari piring yang menceritakan sekumpulan petani yang tengah mengolah tanah sawahnya.
  4. Gerak menyiang; gerakan ini menceritakan aktivitas para petani saat tengah menyiangi atau membersihkan rerumputan di sawah mereka.
  5. Gerak membuang sampah; gerakan ini menceritakan kegiatan para petani yang tengah membuang sisa-sisa sampah hasil menyiangi yang ia lakukan sebelumnya.
  6. Gerak menyemai; gerakan ini menceritakan para petani yang tengah menyemai benih padi yang akan ditanam.
Selain keenam gerakan tersebut, ada 14 gerakan lain yang harus dilakukan oleh para penari. Gerakan-gerakan tersebut antara lain gerak memagar, gerak mencabut benih,  gerak bertanam, gerak melepas lelah, gerak mengantar juadah, gerak menyabit padi, gerak mengambil padi, gerak manggampo padi, gerak menganginkan padi, gerak mengirik padi, gerak menumbuk padi, gotong royong, gerak menampih padi, dan gerak menginjak pecahan kaca. Keseluruh gerakan tersebut dapat dilihat pada video berikut ini.

Iringan Musik Tari Piring
gerakan gerakan indah yang berjumlah 20 gerakan pada tari piring di atas dilakukan dengan tempo cepat dengan diiringi iringan musik berirama  syahdu yang menggambarkan rasa kebersamaan, kegembiraan, dan semangat.

Alat musik yang  mengIringi di dalam tari piring sendiri berasal dari 2 alat musik, yaitu talempong dan saluang. Talempong adalah alat musik pukul yang terbuat dari kayu, kuningan, atau batu. Bentuknya mirip seperti bonang, sedangkan saluang adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu tipis mirip seperti suling. Selain dengan iringan kedua alat musik tersebut, tari piring juga diiringi dengan suara gemerincing cincin yang dikenakan para penarinya.

Kostum Penari Piring

Seragam tari piring atau kostum tari piring merupakan perengkapan wajib setiap penari Ketika menari, para penari wajib mengenakan seragam tari piring atau kostum tari piring  khusus. Seragam tari piring atau Kostum tari piring untuk pria dan wanita ini dijelaskan seperti pada tabel berikut.

Kostum Penari PriaKostum Penari Wanita
  • Busana rang Mudo, berupa baju berlengan lebar yang dihiasi dengan renda emas.
  • Saran galembong, celana berukuran besar di bagian tengahnya khusus untuk tari piring.
  • Sisamping, kain songket yang dililitkan di pinggang hingga lutut.
  • Cawek pinggang, ikat pinggang yang terbuat dari kain songket.
  • Deta atau destar, yaitu penutup kepala berbentuk segitiga yang dibuat dari kain songket khas pria Minangkabau.
  • Baju kurung yang terbuat dari kain beludru dan kain satin.
  • Kain songket.
  • Selandang songket yang dipasang di badan bagian kiri.
  • Tikuluak tanduak balapak yaitu penutup kepala khas wanita Minangkabau yang terbuat dari bahan songket dengan bentuk menyerupai tanduk kerbau.
  • Aksesoris lain berupa anting, kalung gadang, dan kalung rambai.

Untuk seragam tari piring atau kostum tari piring bisa anda pesan di tailor elegant . Tailor elegant sudah berpengalaman dalam pembuatan seragam tari piring atau kostum tari piring ,proses pembuatan yang rapi dan bahan berkwalitas . kami sudah terbukti amanah  . Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi WA 081390228412



KETERANGAN LEBIH LANJUT SILAHKAN :




HUBUNGI : http://WA.me/62008139028412

 

  • pemesanan minim 12 setel atau picss
  • maaf kami tidak menyetok barang banyak demi menjaga kwalitas barang
  • pemesanan sesuai selera harus  P.O








KEPERCAYAAN ANDA ADALAH MODAL UTAMA KREATIFITAS KAMI. 


cara pemesanan :
  • silahkan hubungi no. diatas untuk order
  • apabila sudah silahkan pilih jenis barang yang di inginkan via sms
  • lakukan pembayaran via transfer untuk pembelian barang yang di order
  • tentukan jasa pengiriman yang di inginkan
  • lakukan konfirmasi pembayaran
  • bila sudah di terima konfirmasi pembayaran barang langsung kami kirim 
  • UNTUK PEMBELIAN /ORDER QUANTITY ATAU PARTAI BESAR
  • silahkan hubungi castamer kami
  • tentukan jenis seragam yang di inginkan
  • tentukan jumlah yang di pesan
  • pembelian quantyti barang kami selalu ready jadi harus menunggu sesuai perjanjian
  • tentukan jas pengiriman yang di inginkan
  • lakukan pembayaran 50% dari jumlah yang di pesan
  • bila sudah melakukan transfer via Bank silahkan konfirmasi
  • barang akan kami kirim setelah selesai di buat 
  • KAMI PASTIKAN BARANG SAMPAI KE ANDA, TANPA ADA UNSUR PENIPUAN.

0 comments:

Posting Komentar

KATALOG

Subscribe Us

Facebook

 
Created By SoraTemplates | Distributed By Gooyaabi Themes